Just another alif site

Curug Bojong Koneng, merupakan sebuah air terjun di daerah Sentul-Bogor. Perjalanan ke sana hanya 1 jam-an dari rumah. Walau kesannya perjalanannya tidak butuh waktu yg lama, tapi perjuangan untuk menuju ke lokasi sungguh berat. Terlebih karena kami menggunakan mobil sedan matic.
Dari Bintaro, kami melewati tol Serpong-JORR kemudian masuk ke tol Jagorawi. Pilih pintu keluar tol Kedunghalang (KM 37), atau biasa kita kenal sebagai pintu tol Sentul City. Setelah membayar tol, kita akan ketemu pertigaan, apabila belok kiri kita ke perumahan Sentul City, kalau ke kanan akan mengarah ke tol Lingkar Bogor. Dari pertigaan tersebut ambil ke kiri ke arah perumahan Sentul City. Ikuti saja jalan tersebut sampai ke Bukit Sentul, kemudian apabila sudah bertemu dengan pertigaan dimana ada BTS Combat Telkomsel, ambil jalan ke kanan atau ke arah desa Bojong Koneng. Disinilah mulai ujian dalam hal mengemudi. Jalanan disini sempit, terkadang hanya cukup dilalui oleh 1 mobil. Paling apes kalau lagi di tanjakan terjal, tiba-tiba mobil harus melambat untuk berhimpitan dengan mobil yang berlawanan arah. Di beberapa ruas jalan, kita dapat menikmati landscape Gunung Geulis dan Gunung Bunder, tapi hati-hati jangan terlalu terlena dengan pemandangan alam karena jurang yang cukup terjal berada di sisi jalan. Apalagi di beberapa tikungan terdapat blind spot, jadi kita harus pelan-pelan dan sedikit main klakson untuk berjaga-jaga. Perjalanan yang tadinya full aspal, segera berubah menjadi jalan makadam di 1 Km terakhir menuju lokasi. Nah, disinilah yang menjadi PR karena ada tanjakan dan turunan dimana kita harus pelan-pelan karena jalanannya tidak beraspal. Saat perjalanan pulang, mobil kami sempat ga kuat nanjak sampai bau kopling hangus:( Jadi akhirnya untuk melahap tanjakan tersebut, terpaksa kami harus memacu mobil terlebih dahulu di jalanan yang ga rata agar bisa mendapat momentum untuk menaklukan tanjakan.

jalan terjal menuju curug bojong koneng

Sesampai di lokasi, kita akan melihat papan bertuliskan Sentul Paradise Park. Untuk masuk, kita diwajibkan membayar 10rb untuk mobil dan 20rb per orang untuk hari libur. Saya pun sempat bertanya, “kok mahal Pak untuk masuk kawasan wisata terpencil begini?” , petugas loket pun menjelaskan bahwa dana yang terkumpul akan digunakan untuk mengaspal jalan menuju ke lokasi ini, dan kawasan ini sedang butuh dana untuk dikembangkan menjadi Water Park. Ternyata di lokasi ini sudah lumayan ramai, untuk ukuran sebuah lokasi wisata yang tersembunyi ini. Sarana shower untuk bilas, kamar mandi, dan ruang ganti sudah tersedia. Locker pun juga disediakan untuk para pengunjung yang butuh ruang penyimpanan benda-benda berharga. Untuk pengunjung yang membawa anak kecil, disediakan juga persewaan ban karet.
Curug Bojong Koneng memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Dengan pemandangan pegunungan di sekelilingnya. Hamparan terasiring sawah hijau menjadi pelengkap pemandangan Gunung Pancar. Cocok untuk wahana piknik bersama keluarga untuk teman. Apalagi lokasinya tidak jauh dari Jakarta, siapa sangka di balik perumahan elit Bukit Sentul ada lokasi wisata seperti ini. Untuk foto-foto selengkapnya, silakan klik disini.

indahnya Curug Bojong Koneng

About these ads

Comments on: "Piknik ke Curug Bojong Koneng" (2)

  1. bisa dilalui bus besara nggak?
    alamat lengkapnya dimana yach?

    • bus besar gak bisa lewat…soalnya memang jalannya sempit. alamat lengkap nya agak susah. pokoknya yang jelas masuk aja ke perumahan bukit sentul / sentul city. nanti tanya ke petugas keamanan perumahan aja arah ke desa bojong koneng. kalau udah sampai di desanya, tanya aja arah curug bojong koneng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: