Just another alif site

Semalem pas beli tiket pulang ke rumah, ada tempelan surat dari PT KAI, yang mengintruksikan bahwa penumpang KRL yang membawa sepeda jinjing/lipat, wajib beli karcis. Surat tersebut tertanggal 21 April 2011. Ternyata sudah lama toh ada peraturan seperti itu, tapi kok saya baru tahu kemarin yah.

Memang saya sendiri juga sudah lama gak pernah bawa masuk sepeda lipat naik KRL, karena memang kondisi penumpang KRL sekarang yang menurut saya sudah melebihi kapasitas normal, terutama pada jam sibuk berangkat/pulang kerja. Jadi memang rada gak enak bawa sepeda masuk KRL. Cuma kok rasanya peraturan ini terlalu berlebihan. Karena pangkal permasalahan sih sebenarnya ada pada daya angkut KRL yang dirasa sangat kurang dengan animo masyarakat pengguna KRL. Sudah bukan rahasia lagi kalau KRL AC tapi suasana berasa dalam sauna saking banyaknya orang yang berjubel di dalamnya. Apalagi kalau ditilik dari alasan para pengguna KRL yang membawa sepeda, yaitu untuk memudahkan perjalanan dari stasiun ke kantor. Contoh nya saya, dulu saya membawa sepeda lipat karena saya merasa agak susah menentukan moda penghubung stasiun Palmerah dengan kantor saya yang terletak di Wisma Mulia. Karena memang posisi stasiun Palmerah nanggung, tidak terhubung dengan moda transportasi yang lain. Memang sih, bisa jalan dulu ke jalan Gatot Subroto, terus naik bis kota / busway, tapi jalan kaki menuju jalan Gatot Subroto/Slipi sangat tidak nyaman. Trotoar yang tidak manusiawi, sehingga kadang kita harus jalan kaki di pinggir jalan raya dengan resiko kena sruduk sepeda motor. Jadi naik sepeda sangat menyenangkan, irit, dan yang pasti lebih go green. Andai saja stasiun Palmerah bisa digeser letaknya ke tempat yang lebih strategis, yaitu dibawah fly over diantara gedung DPR dan perempatan slipi/JDC, tentu akan lebih enak untuk berpindah ke moda bus untuk ke kantor.

Tapi ada yang lucu di surat tersebut, disitu tertulis jenis sepeda yang dimaksud, yaitu sepeda jinjing/lipat. Berarti kalau bawa sepeda gunung gak wajib beli karcis kereta kan =)

20121123-185317.jpg

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: