Just another alif site

Dahsyatnya Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung vulkanik paling aktif di Indonesia. Nama Merapi sendiri merupakan gabungan dari kata Meru dan Api. Meru adalah bahasa hindi dari gunung. Gunung yang terletak 28 Km utara Yogyakarta terakhir meletus pada Oktober 2010.

Cerita yang saya tulis ini merupakan cerita lama pada akhir Mei 2007. Waktu itu saya gabung dengan rombongan milis indobackpacker, kami ber-7 naik mobil innova. Dari Yogyakarta, kita tinggal mengambil arah ke jalan Kaliurang, dari situ nanti kita tinggal mengikuti penunjuk jalan untuk sampai ke lokasi ini. Sesampai di lokasi parkiran, pandangan kami lansung terarah pada tempat jualan makanan, maklum kita belum sarapan dari pagi. Berhubung saya gak bisa makan berat di pagi hari, jadinya saya putuskan untuk makan jadah tempe saja untuk mengisi perut. Sebelum masuk, kita perlu untuk membayar retribusi terlebih dahulu, tapi saya sudah lupa besarannya berapa.

Anggota team di Parkiran

Warung Jadah Tempe mbah Carik

taman bermain air

Begitu kita masuk ke dalam kawasan hutan Merapi, kita tinggal mengikuti jalur setapak yang mudah terlihat. Pepohonan rimbun di sepanjang jalan membuat aktivitas mendaki ini terasa nikmat karena pasokan oksigen yang segar. Sesuatu yang sangat langka kami nikmati di Jakarta. Di tengah jalan, kita akan bertemu dengan bekas sungai yang mengalirkan lahar, dimana lahar yang telah dingin akan membentuk batuan yang sangat cantik.

hijau dimana-mana

sungai lahar dingin

Masih ingat kan dengan kisah mbah Maridjan, sang juru kunci gunung Merapi. Sang mbah akhirnya menutup hayatnya pada erupsi 2010. Beruntung ketika kami kesana pada tahun 2007, kami masih berkesempatan untuk mengunjungi rumah beliau.

rumah mbah Maridjan

Kami mengakhiri perjalanan kami pada batas gardu pandang. Disini bisa kita lihat sisa-sisa kedahsyatan erupsi Merapi di tahun 2006. Dapat kita lihat beberapa rumah yang tertutup debu sampai ke atap.

reruntuhan rumah penduduk

jalur lahar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: