Just another alif site

Sore 16 Agustus, tiba-tiba mendapat undangan untuk menghadiri upacara bendera 17an di istana negara. Tapi ada satu yang menghalangi, yaitu dress code nya adalah PSL. Setelah googling, ternyata definisi PSL adalah Pakaian Sipil Lengkap. Jenis pakaian yang belum pernah saya kenakan semenjak lulus dari itb. Setelah berbuka puasa di kantor, kami pun segera meluncur ke Plasa Senayan untuk belanja pakaian buat upacara 17an.

undangan upacara 17an di Istana Negara

Kode undangan yang kami dapatkan adalah CC, yang ternyata merupakan kode lokasi tenda tempat kami akan berada nanti selama upacara. Lalu lintas dari rumah ke istana negara cukup lancar, tidak sampai 1 jam kami sudah sampai di monas. Dengan berbekal tanda khusus yang dipasangkan di kaca depan mobil, kami bisa melalui jalan Merdeka Barat yang disterilkan untuk umum. Mobil pun kami parkirkan di Jalan Majapahit, depan kantor SetNeg. Untuk memasuki istana negara, kami harus melalui pemeriksaan dengan mesin X-ray seperti di bandara. Setelah itu, kami diberikan souvenir upacara 17an, berupa 1 goodie bag penuh dengan hasil kerajinan daerah dengan motif Papua, dan 1 goodie bag lagi berisi buku-buku dari beberapa badan pemerintahan.
Upacara dimulai pada jam 10, dengan diawali dentuman meriam sebanyak 17x dan suara sirine. Inti acara seperti biasa adalah menaikkan bendera, dengan ditutup oleh paduan suara. Yang menarik disini, salah satu lagu ciptaan SBY pun ikut dinyanyikan. Selesai upacara, para pengunjung segera berhambur ke lapangan untuk berfoto di halaman istana, suatu kesempatan yang langka memang, kami pun ikut serta untuk berfoto di halaman istana. Tamu-tamu dari negara sahabat pun tidak mau ketinggalan untuk foto-foto. Para hadirin tampak antusias mengikuti rangkaian upacara bendera ini, semangat nasionalisme pun bergelora ketika lagu Indonesia Raya berkumandang. Walaupun ironi masih membayangi kami, sudahkah kita benar-benar merdeka? Mungkin merdeka dari penjajahan Belanda dan Jepang, tapi penjajahan oleh para koruptor? Dirgahayu Indonesia ke-66 !

Bendera Merah Putih

istana negara

G-Class Paspampres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: