Just another alif site

Hutong, kalau diartikan adalah gang atau kampung. Jika ingin melihat bagaimana masyarakat Beijing pada jaman dahulu tinggal, maka datanglah ke salah satu hutong yang yang bernama Shicahai District.  Hutong memang sengaja dijaga kelestariannya oleh pemerintah China sebagai warisan tata kota China pada jaman dulu.

Hutong Rickshaw

Keberadaan hutong sendiri diatur oleh pemerintah untuk mendukung pariwisata kota Beijing. Begitu kita datang di Shicahai District, kita akan melihat deretan becak khas China. Untuk berkeliling hutong, kita akan ditawari paket untuk naik becak tersebut seharga RMB 240. Dengan mengambil paket tersebut, kita akan ditemani oleh seorang guide yang akan membuntuti becak kita dengan naik sepeda. Terus terang, harga nya cukup mahal, apalagi guide nya juga tidak begitu bagus bahasa Inggris nya.
Dengan melihat kawasan Hutong ini, kita bisa melihat bahwa ilmu tata kota rakyat China sudah berkembang bagus sejak jaman dulu. Tata ruang tiap rumah juga selalu menyediakan halaman tengah untuk memberikan aliran udara positif bagi penghuni rumah.

suasana rumah di hutong

Apabila kita perhatikan baik-baik ornamen yang melekat di pintu rumah, maka kita akan menemukan simbol yang menjadi pertanda jabatan atau strata sosial sang pemilik rumah. Walaupun kawasan ini memang sengaja diperuntukkan untuk pariwisata, tetapi rumah-rumah yang berada di Hutong ini tetap dihuni oleh warga untuk merawat kelestariannya. Hanya saja, simbol-simbol yang menempel di pintu sudah tidak berlaku lagi di tatanan masyarakat Beijing sekarang.

ornamen pintu, simbol jabatan

Comments on: "Hutong Tour: Jelajah Kampung Tua-nya Beijing" (2)

  1. Simbol-nya memang gimana aja Lif sebagai penanda strata sosial. Beda-beda gitu bentuknya?

  2. Kalau diperhatikan memang beda2 doorknob nya. Cuma aku sendiri gak gitu ngerti arti tiap bentuk doorknob nya itu melambangkan jabatan apa. Yang jelas sih jabatan di struktur pemerintahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: