Just another alif site

Suramadu di Malam hari

Momen mudik 2011 ini saya manfaatkan untuk mencoba jembatan Suramadu. Sesuai dengan namanya, jembatan ini menghubungkan kota Surabaya dengan Pulau Madura. Dengan tarif 30ribu untuk mobil, kami pun melintas ke Madura untuk mencoba mulusnya aspal jembatan ini. Jadi untuk mencoba jembatan ini, kami harus mengeluarkan uang sebesar 60rb untuk pulang pergi. Berhenti di tengah jembatan ini sebenarnya dilarang, karena memang bisa mengganggu lalu lintas. Patroli rutin pun digelar untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang berhenti di jembatan dan juga untuk memastikan tidak ada pencurian lampu jalan. Masalah pencurian lampu ini kerap kali terjadi di awal beroperasinya jembatan ini. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, maka kami pun memilih malam hari untuk ke Suramadu agar bisa agak tenang untuk berfoto-foto🙂 Apalagi tata cahaya jembatan Suramadu di malam hari sangat indah, dengan sorot lampu yang berubah-ubah warnanya. Sebelum memasuki jembatan, terdapat LED display yang menayangkan informasi arah dan kecepatan angin yang berhembus. Apabila angin dianggap terlalu berbahaya, pintu toll Suramadu untuk sepeda motor akan ditutup untuk sementara waktu demi keselamatan.

LED display Angin Suramadu

Berikut 5 fakta menarik tentang jembatan Suramadu :

  1. Merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini dengan total panjang 5,438 KM.
  2. Butuh waktu 6 tahun untuk membangun. Awal pembangunan jembatan ini diresmikan oleh mantan Presiden Ibu Megawati pada 20 Agustus 2003, dan dibuka oleh Presiden SBY pada 10 Juni 2009.
  3. Dana yang dibutuhkan untuk membangun Suramadu adalah 4,5 Trilyun Rupiah.
  4. Bentang tengah Suramadu memiliki ketinggian 35 m, yang dimaksudkan sebagai ruang bebas bagi kapal untuk melintas selat Madura.
  5. Dengan sebagian besar pendanaan berasal dari pinjaman pemerintah China, kontraktor yang menggarap jembatan ini pun juga berasal dari China, dengan bantuan konsorsium kontraktor BUMN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: