Just another alif site

Tak terbayang akhirnya bisa menginjakkan kaki di situs warisan budaya China yang masuk dalam daftar keajaiban dunia. Great Wall atau tembok raksasa merupakan benteng yang menjadi pertahanan di perbatasan utara China terhadap bangsa Mongol. Mulai dibangun dari sejak abad ke-5 BC (sebelum Masehi), dan dilanjutkan terus oleh beberapa kaisar hingga abad ke-16. Panjang tembok ini sekitar 6,259.6 km. Bagian Great Wall yang kami kunjungi tentu saja yang paling dekat dengan Beijing, yaitu Juyong Pass. Untuk menuju ke lokasi ini, kami menempuh perjalanan darat melalui jalan tol ke arah utara Beijing. Paket-paket berkunjung ke Great Wall sendiri banyak yang menawarkan di Tiananmen Square, sehingga kita tidak perlu bingung cara berkunjung ke sini. Dengan umur bangunan yang sudah tua ini, kami sangat takjub dengan masih kokohnya bangunan ini masih berdiri.

Great Wall of China

Pembangunan Great Wall sangat pesat di era Dinasti Ming. Secara teknologi, pembangunan Great Wall di era Dinasti Ming juga lebih kokoh karena telah mempergunakan konstruksi batu bata. Terlebih untuk melindungi ibu kota, Great Wall yang mengelilingi Beijing dibikin lebih kuat. Pembangunan Great Wall mulai terhenti di abad 16 ketika Dinasti Ming dapat dikalahkan oleh  invansi bangsa Manchuria, dimana setelah kemenangan bangsa Manchuria, daerah diluar Great Wall otomatis menjadi bagian dari China yang baru (Dinasti Qing).

Ada sedikit kekecewaan ketika berkunjung ke Juyong Pass ini, karena kami tidak menemukan deretan tentara Terracota. Setelah saya tanyakan ke pemandu, ternyata untuk melihat barisan tentara Terracota, saya harus ke kota Xian. Kekecewaan saya agak sedikit terobati, karena akhirnya saya menemukan beberapa patung tentara Terracota di salah satu bagian JuYong Pass.

Terracota army

Great Wall memang sangat besar dan panjang. Sepanjang mata memandang, tembok kokoh ini berdiri mengular diatas daerah pegunungan yang menjadi benteng alami di utara Beijing. Untuk menaiki anak tangga nya yang curam sangat menguras tenaga. Tak jarang kami berhenti untuk mengatur nafas sebelum melanjutkan lagi menaiki anak tangga. Semakin keatas, pengunjung semakin sedikit, menyiratkan bahwa banyak yang tidak kuat untuk terus menelusuri Great Wall. Papan peringatan pun terpasang dimana-mana untuk memperingatkan bahwa menyusuri Great Wall ini membutuhkan kondisi fisik dan psikis yang prima. Beberapa papan peringatan lain memperingatkan kami untuk tidak menggunakan handphone ketika terjadi badai, karena memang lokasi Juyong Pass ini berada di atas pegunungan, sehingga rawan terkena sambaran petir. Sayang banyak tangan-tangan jahil yang mencoret-coret papan-papan petunjuk tersebut maupun tembok Great Wall nya juga.

papan peringatan

Menurut informasi yang terpampang di LED Panel dekat loket tiket Juyong Pass, udara saat itu adalah 7 derajat Celcius, dan tingkat kelembaban 33%. Tapi udara dingin tersebut seakan tidak terasa karena perjuangan kami untuk menaiki anak tangga Great Wall lumayan membakar kalori. Yang sangat terasa adalah tingkat kelembaban yang memang kurang bersahabat bagi orang tropis, bibir pun selalu mengering walaupun kami rajin membasahi dengan air minum. Sepertinya memang harus pake lip balm, tapi lupa dibawa😦 Anyway, saran saya untuk anda yang akan berkunjung ke Great Wall, jangan terlalu memforsir tenaga anda untuk berusaha mendaki Great Wall. Apalagi memang Great Wall ini sangat panjang, jadi tidak mungkin kita menyusurinya. Berikan batas waktu yang jelas ketika anda berkunjung kesini, misal maximal 2 jam. Apalagi wisata ke Great Wall sangat menguras tenaga, jangan sampai anda jatuh sakit ketika travelling karena kecapekan. Kami mengakhiri pendakian Great Wall sampai sebuah pos jaga dimana terdapat bangunan tua yang difungsikan sebagai toko cindera mata. Berhubung kami juga tidak mau membuang waktu dan energi untuk disini saja, karena masih ada schedule yang harus kami kejar hari itu.

Great Wall handicraft store

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: