Just another alif site

Jumat malam kemaren iseng-iseng ke Senayan City. Ternyata ada booth Nexmedia di food court. Nexmedia adalah provider baru TV berlangganan yang memanfaatkan teknologi DVB-T. DVB-T merupakan singkatan dari Digital Video Broadcasting-Terrestrial, dimana dengan teknologi ini, konten digital audio-video dan data lain dapat dikompres dan ditransmit melalui Mpeg transport stream dengan menggunakan modulasi COFDM/OFDM.

Setelah tanya-tanya, saya memutuskan untuk mengambil paket berlangganan selama 6 bulan. Walaupun waktu di Senayan City, saya masih agak ragu karena kualitas gambar yang ada di booth tersebut sering mengalami freeze dan pecah-pecah. Alasan mereka karena frekuensi yang digunakan Nexmedia terganggu oleh penggunaan perangkat HT dengan power berlebih oleh para satpam Senayan City yang sibuk menutup Mall.
Instalasi perangkat saya lakukan sendiri, karena memang cukup mudah. Tinggal nancepin kabel antenna UHF ke decoder, dan kabel AV ke TV, dan tak ketinggalan kabel power, maka instalasi sudah selesai. Setelah memasang baterei ke remote, kini saatnya menyalakan decoder. Total waktu yang dibutuhkan untuk instalasi tak lebih dari 10 menit. Hal yang dilakukan pertama kali adalah melakukan scanning untuk mencari channel. Sesekali saya harus memutar-mutar antenna UHF internal untuk mencari signal yang lebih baik. Butuh waktu 1 hari bagi saya untuk dapat menikmati keseluruhan paket channel yang saya pilih. Selama belum aktivasi, saya hanya bisa menikmati channel SCTV dan TVRI Digital. Sayang tidak semua stasiun TV Nasional bisa dinikmati, Global TV dan MNCtv tidak termasuk dalam paket. Jadi kalau mau nonton 2 stasiun TV tersebut untuk Liga Inggris, kita harus kembali ke mode analog anntena UHF. Kualitas siaran cukup bagus, dan menurut info sales nya, layanan Nexmedia ini bisa digunakan sampai Karawaci atau wilayah Jabodetabek. Sayang ketika saya tanya apakah saya bisa menggunakan decoder ini ketika saya lagi pulang kampung ke Jawa Timur, jawabannya tidak bisa.

Fyi, Nexmedia merupakan grup Emtek yang membawahi SCTV, Indosiar dan O-Channel. Tapi herannya O-Channel kok gak masuk yah dalam paket, aneh banget. Overall, saya cukup puas dengan layanan Nexmedia. Harga yang murah, kemudahan instalasi dan simplicity dalam perangkat membuat saya merasa nyaman. Jadi slogan Nexmedia memang terbukti, Simply Entertaining. Untuk informasi lebih lanjut, bisa dibuka website mereka di http://www.nexmedia.co.id .

decoder Nexmedia

Comments on: "Nexmedia, Layanan TV Digital dengan Teknologi DVB-T" (6)

  1. coba pake antena luar, ada channel rcti & globaltv di frekuensi 658MHz

  2. terimakasih infonya mbak, saya juga baru mau pasang Nexmedia, tergiur sama promo di Lakupon.com yg diskon 61% bisa langganan 1 thn NexPremium🙂

  3. saya baru beli tadi.. jadi mesti nunggu sehari ya baru bisa aktif.. btw, sepertinya dgn teknologi yg digunakan oleh nexmedia; jumlah channelnya jadi terbatas sehingga ochannel tdk dimasukkan ke daftar channel yg ada.. monggo mampir di blog motivasi saya

  4. ikutan kasih info : saya berlangganan tanggal 30/11/2012, salesnya bilang 1×24 jam baru bisa koneksi. Setelah saya pasang (install) tanggal 30/11/2012 sore yang ada baru Metro TV, SCTV, TVRI (1/2/3/4) dan O’Channel. Kemudian keesokan harinya tanggal 01/12/2012 saya coba lagi update channel, ternyata sudah ada semua. Thanks NexMedia. Oya saya posisi di Depok dengan menggunakan antena luar (PF 5000) hasil bagus sekali, gambar Jernih dan tajam, tapi volume tiap saluran beda beda.

  5. Mau share juga nih..
    kemarin ane juga baru beli nexmedia di PRJ, mumpung lagi ada promo cicilan BCA…
    terus pas ane pasang dirumah sih agak sedikit keder.. trus pas ane buka websitenya dan ikutin cara2nya ditu… eh, langsung nyala deh..

    gambarnya bagus lagi… tokcer deh….

  6. wah kayaknya seru nih, ane jadi mau pasang, kata tetangga sih manteb, ane jadi kepingin…

Leave a Reply

