Just another alif site

Pulau Peucang merupakan sebuah pulau kecil di Taman Nasional Ujung Kulon. Untuk kesana, memerlukan waktu 8 jam perjalanan darat + 3 jam perjalanan laut. Dari Jakarta kita harus melewati Tol Merak. Pada saat berangkat ke Ujung Kulon, kami melalui rute Cilegon-Pandeglang. Sedangkan ketika pulang, kami memutuskan lewat Anyer untuk masuk ke Tol merak. Dari 2 rute perjalanan darat ini, kami menyarankan rute Cilegon-Pandeglang karena jalannya lebih mulus, tapi perlu sedikit perhatian dalam mencermati petunjuk jalan. Sedangkan rute menyisiri pesisir Anyer lebih mudah arahnya, tapi lubang yang besar-besar memaksa kami kurang bisa memacu kendaraan dengan maksimal. Perjalanan laut selama 3 jam ditempuh dari Desa Sumur, dimana di Desa Sumur juga terdapat obyek wisata Pulau Umang. Setelah 1 jam di laut, kami mulai tidak mendapat sinyal. Liburan kami kali ini memang benar-benar liburan, tanpa gangguan telepon kantor yang kadang masih masuk di akhir pekan. Kami pun menjadi merasa terasing dari dunia luar, but we enjoyed it🙂 Untuk sewa kapal dari Desa Sumur ke Pulau Peucang pulang pergi, kami harus membayar Rp 2,8 juta dengan kapasitas 10-15 orang. Biaya kapal ini sudah termasuk biaya makan kami selama berada di pulau Peucang. Jadi kapal ini mengangkut logistik makanan kami juga, dimana nanti kru kapal nya juga yang akan memasak.

boat trip

Sesampai di pulau Peucang, kami lansung disuguhi oleh hamparan pasir putih dengan air yang jernih. Sebelum main air, kami check in dulu di wisma milik taman nasional Ujung Kulon. Kami mengambil 3 kamar tipe Flora A yang memakai AC. Tarif per malamnya 750rb untuk tipe Flora ini, dimana per kamar nya bisa kita isi sampai 4 orang. Harga tersebut masih bisa di-nego, kami mendapat diskon sebesar 10% untuk menyewa 3 kamar tersebut. Pulau ini menggunakan genset untuk keperluan listriknya, tapi hanya dinyalakan pada malam hari saja karena mahalnya BBM. Di halaman wisma, kita dapat menyaksikan monyet dan rusa-rusa berkeliaran bersama babi hutan dengan bebas. Oiya, ada retribusi untuk para pengunjung ke Pulau Peucang ini, per orang nya ke biaya tiket Rp 2.500 dan Rp 3000 untuk asuransi. Dan untuk 1 rombongan, ada biaya tambahan untuk guide sebesar Rp 100 ribu.

Walaupun pantainya tidak terlalu luas, tapi cukup menyenangkan main air disini, karena pengunjung pantai ini pada hari itu hanya rombongan kami saja. Sehingga kami merasa pantai ini serasa milik pribadi. Sayang banyak ubur-ubur kecil yang membuat badan kami bentol2. Jadi kami putuskan kami akhiri saja acara pantainya.
Menjelang sore, kami pun berpindah ke Pantai Cidaon. Untuk kesini, kami perlu naik kapal lagi selama 20 menit. Sebelum menikmati sunset, kami diajak untuk ke ladang rumput konservasi banteng Jawa. Sayang kami tidak bisa melihat badak Jawa yang menjadi ikon taman nasional Ujung Kulon, karena memang jumlah badak jawa sangat sedikit, dan mereka cenderung pemalu. Capek berfoto-foto dengan banteng jawa, kami pun kembali ke dermaga Pantai Cidaon untuk menikmati sunset.

Keesokan paginya kami melakukan trekking ke ujung Pulau Peucang yang lain, untuk melihat Pantai Karang Copong. Trekking ini memakan waktu 1 jam-an untuk sampai ke pantai yang menyuguhkan batu karang yang mirip dengan tanah lot. Sepanjang perjalanan kami disuguhi berbagai macam pepohonan.
Sekembalinya dari trekking, kami harus segera berkemas-kemas untuk kembali ke desa sumur. Berhubung besoknya sudah hari Senin, maka kami harus segera kembali ke Jakarta. Apalagi kami memakai 2 mobil kantor yang harus segera dikembalikan. Hm, semoga masih ada kesempatan lagi untuk kembali ke Ujung Kulon, karena kami masih belom ke Tanjung Berlayar dan Pulau Handeleum karena keterbatasan waktu. Btw, harga-harga yang saya sebutkan diatas mungkin sudah agak berubah, karena trip ini kami bikin sekitar awal tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: