Just another alif site

Pertama kali mendengar nama Ujung Genteng, dahi agak menyerngit karena nama nya yang unik. Setelah melakukan googling, ternyata itu adalah sebuah nama desa di selatan Sukabumi. Sudah 2x saya kesana, yaitu pada tahun 2009 dan 2010. Walaupun untuk menuju kesana memakan waktu yang cukup panjang, yaitu 7-8 jam, tapi selalu ada rasa kangen untuk kembali berkunjung.
Ujung Genteng mempunyai beberapa objek wisata menarik untuk para traveller. Jadi ada baiknya untuk membikin perencanaan yang matang sebelum berangkat kesini agar semua spot dapat tersambangi. Berikut daftar objek wisata di Ujung Genteng:
1. Curug Cikaso
Curug ini lokasinya paling depan apabila dibandingkan dengan objek wisata lain, sehingga biasanya tempat ini menjadi tempat yang pertama dikunjungi. Untuk mencapai Curug Cikaso, pengunjung akan naik perahu terlebih dahulu menyusuri sungai, ongkos sewa perahu ini adalah 75rb. Tapi menurut kabar dari teman yang kesini bulan lalu, sekarang sudah ada jalan setapak dari parkiran mobil ke lokasi curug sehingga tidak perlu lagi untuk menyewa perahu.


2. Curug Cigangsa
Lokasi curug ini baru saya ketahui ketika kunjungan saya yang kedua kali nya di Ujung Genteng. Untuk mencapai lokasi curug Cigangsa, kita perlu trekking dulu menyusuri persawahan. Uniknya apabila kita sampai di lokasi curug ini, kita akan berada di bibir atas curug ini. Jadi apabila kita ingin mengabadikan Curug ini keseluruhan, kita masih harus trekking menuruni curug lewat samping.


3. Pantai Pangumbahan
Inilah pantai yang menjadi trademark Ujung Genteng. Karena disini terdapat penangkaran penyu. Disini pengunjung bisa berkesempatan untuk melepaskan tukiki (anak penyu) untuk dikembalikan ke habitatnya, yaitu ke laut lepas. Biasanya setelah menikmati sunset, pengunjung akan datang pada malam harinya lagi untuk menyaksikan penyu betina bertelur. Untuk pergi kesini, bisa menggunakan mobil dengan menyusuri pantai Ujung Genteng. Tapi siap-siap aja menerjang genangan air yang cukup tinggi apabila air pasang datang di perjalanan menuju kesini.


4. Pantai Cipanarikan.
Garis pantai yang panjang dan pasir putih yang halus seakan memanjakan kita untuk bermain pasir ataupun bermain dengan ombak. Pantai Cipanarikan merupakan lokasi yang pas untuk mengabadikan momen sunset. Pantai ini merupakan terusan Pantai Pangumbahan. Hanya saja karena akses yang sulit, pengunjung harus menyewa ojek untuk pergi kesini.


5. Tanah Lot
Well, jujur saya gak tahu nama aslinya apa, tapi banyak pengunjung yang memberi nama tempat ini sebagai Tanah Lot, karena kemiripan bentuk dengan objek wisata tanah lot yang ada di Bali. Hanya saya, disini yang mirip batu karangnya, tanpa pura diatas batu karang tersebut. Tanah Lot terletak di dalam kompleks penginapan Amanda Ratu.


6. Pantai Aquarium
Pantai ini berair jernih dan tenang. Tapi berhubung banyak koral putih kecil-kecil, sehingga agak sakit apabila kita melangkahkan kaki di pantai ini.


7. Tempat Pelelangan ikan
Pergi ke pantai tak lengkap rasanya apabila tidak makan seafood. Jika ingin mendapatkan ikan yang masih segar dengan harga murah, datang saja ke pasar ikan. Dijamin puas deh beli ikan disini dengan harga yang murah.


8. Goa Lalay
Saran saya untuk kesini pake sandal jepit dan celana pendek aja biar gampang bersihin kaki. Karena terdapat genangan air yang cukup tinggi di dalam goa ini. Kabarnya sih goa nya bisa tembus sampai ke pantai, tapi berhubung suasana gelap dan bau, kami tidak teruskan sampai ke pantai.


Sebenarnya masih banyak objek wisata yang ada di Ujung Genteng, misal Pantai Ombak 7 yang terkenal untuk tempat surfing. Tapi berhubung akses kesana juga susah, jadi saya juga belum pernah kesana, sehingga saya tidak share di tulisan ini.
Untuk penginapan di Ujung Genteng ada banyak pilihan. Dari hotel bagus seperti Amanda Ratu Resort (saya kurang rekomen karena rada mahal), sampai dengan penginapan yang dikelola masyarakat setempat seperti Pondok Adi atau Pondok Hexa. Kalau saya lebih milih untuk tinggal di Pondok Hexa, bisa nyewa 1 bungalow dengan isi 2 kamar tidur, dan dilengkapi juga dengan ruang tamu, semua kamar pun pake AC. Karena 1 kamar bisa diisi 3-4 orang, biaya menginap di Pondok Hexa tergolong sangat murah.

Dengan keberagaman objek wisata yang ditawarkan, Ujung Genteng telah menjadi primadona masyarakat Jakarta dan Jawa Barat untuk berlibur murah meriah. Total biaya yang biasa saya keluarkan untuk pergi kesini bersama teman-teman menghabiskan rata-rata 250rb-350rb per orang, tergantung pilihan tempat penginapan kita. Cukup murah bukan, ayo berkunjung ke Ujung Genteng!

Comments on: "Keindahan Tersembunyi di Ujung Genteng" (3)

  1. wajib dikunjungi nihh… banyak tempat menariknya… nice review…

  2. mantab tuuh ada rencana juga ke ujung genteng

  3. lanjut ke TKP .tx nice inpo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: