Just another alif site

PTS 100 , si Vespa imut

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu kendaraan roda dua favorit saya, yaitu Vespa PTS 100. Kenapa saya bilang Vespa imut, hal ini dikarenakan bodi nya yang memang kecil, di luar negeri Vespa semacam ini disebut Vespa Smallframe. Awal kali kenal dengan Vespa Smallframe adalah ketika guru Bahasa Jerman saya dulu di SMA 5 Surabaya memakai PTS 90. Bisa dibilang itulah pertama kali saya jatuh cinta dengan Vespa. Sayang karena agak susah mencari Vespa Smallframe, akhirnya waktu itu saya menjatuhkan pilihan ke Vespa Super 150.

PTS 100 merupakan produk PT Dan Motor Indonesia yang mendapatkan license pembuatan dari Piaggio Italia. Dia punya saudara kembar tapi tak serupa, yaitu PTS 90. Angka yang tertulis merepresentasikan besar kubikasi mesin. Secara kasat mata, yang membedakan kedua jenis Vespa ini adalah emblem. Pada PTS 100 terdapat emblem “100 special” diatas taillamp, dan emblem “P 100 TS” di box bagasi kiri. Selain itu, speedometer PTS 100 mencapai angka 120 km/h. Cuma ya jangan harap bisa memacu PTS 100 sampai kecepatan segitu, buat saya PTS 100 cocok buat jalan santai, menikmati jalanan kota Gresik yang lenggang, dengan sensasi getaran dari mesin 2 tak yang diasupi oleh karburator Dell Orto 19. Untung setiap kali pulang kampung ke Gresik, ada saudara yang dengan senang hati meminjamkan PTS 100 nya ke saya. Sehingga saya pun bisa memadu kasih dengan cinta pertama saya.

Comments on: "PTS 100 , si Vespa imut" (2)

  1. Vespamu yang dulu itu orange kan warnanya?

Leave a Reply

