Just another alif site

Sebenarnya ini cerita lama ketika honeymoon di bulan Februari 2011, tapi gak ada salahnya untuk menceritakan kembali lewat blog ini. Singkat cerita, tibalah kami berdua di bandara Selaparang, bandara lama di Lombok. Terus terang kami bingung bagaimana caranya untuk pergi ke Gili Trawangan. Maklum, kami memang kurang perencanaan dalam honeymoon kami. Akhirnya kami mengambil jalan paling gampang: naik taxi BlueBird! Toh tema kali ini adalah honeymoon, jadi ya mencari kenyamanan boleh lah. Untuk mencari taxi bluebird, kita perlu jalan kaki keluar dari area bandara, karena di dalam bandara dikuasain oleh taxi yang gak pake argo.

Akhirnya sampailah kami di Pelabuhan Bangsal. Sebuah pelabuhan kecil dimana dari situ kami naik kapal umum untuk menyeberang ke Gili Trawangan, biaya yang kami keluarkan cukup murah, yaitu hanya 10ribu rupiah per orang. Naik kapal umum ini mirip angkot, penumpang duduk saling berhadapan, dengan barang-barang diletakkan di tengah. Standar keamanan pun nampak tidak diterapkan disini. Jumlah orang yang naik sih memang sesuai dengan jumlah tempat duduk yang tersedia, tapi muatan barang yang diangkut sepertinya melewati batas. Para penumpang juga tidak diberi jaket pelampung. Setelah 25 menit, sampailah kami di Gili Trawangan.

Kami naik cidomo (seperti andong) untuk melanjutkan ke tempat kami menginap, yaitu Hotel Vila Ombak. Gili Trawangan merupakan pulau dengan konsep hijau. Tidak boleh ada kendaraan bermotor di pulau ini. Jadi transportasi yang tersedia hanya ada 2 macam: sepeda dan cidomo. Setelah beres check in, kami pun memutuskan menyewa sepeda untuk transportasi kami selama di Gili Trawangan. Harga sewanya 50ribu / hari. Tapi sepeda nya juga kurang terawat sih, untung medan jalanan di Gili Trawangan datar-datar saja. Jadi tidak ada masalah buat kami untuk menggenjot sepeda yang kurang enak ini.

Vila Ombak merupakan hotel yang cukup unik, karena kamar-kamar yang disediakan bergaya tradisional khas Lombok. Tiap unik kamar berbentuk rumah panggung, dengan kamar tidur di lantai atas, dan kamar mandi terbuka di bagian belakang kamar. Konsep eco friendly pun dikedepankan oleh hotel ini. air yang digunakan untuk shower, flush wc, dan wastafel menggunakan air laut. Sedangkan untuk air tawar, disediakan keran yang mengucur ke sebuah gentong kecil di sebelah shower.

Pulau Gili Trawangan ini sangat kecil, sehingga kita bisa berkeliling ke seluruh pulau hanya dengan bersepeda. Sayang ketika kami berada di sana, cuaca lebih sering tidak bersahabat dengan kami. Jadi hari-hari kami juga lebih sering dihabiskan di kamar hotel, ya iyalah namanya juga sedang honeymoon, hehehe…. Dan begitu ada kesempatan untuk bersepeda, kami pun segera mengayuh, apalagi kami memang suka bersepeda.

Di Gili Trawangan ada beberapa spot yang bisa digunakan untuk tempat snorkling. Biasanya di dekat spot tersebut terdapat persewaan snorkel dan life vest. Biaya nya pun cukup murah, per snorkel hanya 15 ribu. Sayang karena memang cuaca yang kurang baik, kami tidak bisa berlama-lama snorkling karena arus yang cukup kuat menguras tenaga kami.

Sepertinya memang kami kurang beruntung, selama 3 hari 2 malam kami berada di Gili Trawangan, baru terakhirnya cuaca cerah muncul. Langit yang biru seperti menggoda kami untuk datang kembali ke Gili Trawangan suatu saat nanti. Untuk perjalanan pulang kali ini, kami naik private speed boat ke Pelabuhan Teluk Kodek, yang lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Bangsal tempat kami berangkat. Sebelum naik speed boat ini, kami diharuskan untuk memakai life vest, karena memang speed boat ini cukup kencang, perjalanan ini ditempuh dengan waktu cuma 10 menit. Gili Trawangan memang pulau yang cocok untuk honeymoon, selain karena konsep eco friendly-nya, pulau ini juga relatif lebih sopan dan jauh dari kesan hura hura nya kehidupan malam Kuta Bali.

Comments on: "Gili Trawangan: everyday is car free day!" (1)

  1. […] puas menjelajahi Gili Trawangan, kami melanjutkan perjalanan ke bagian Selatan Pulau Lombok. Dari Pelabuhan Teluk Kodek, kami naik […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: