Just another alif site

Archive for September, 2012

Konser Impian 2012: Keane

Semenjak album pertama Keane muncul, band ini lansung membuat jatuh cinta. Kualitas vokal Tom Chaplin yang ciamik, dan permainan piano Tim Rice Oxley yang selalu menjadi nyawa setiap lagu, membuat Keane menjadi salah satu band idola saya.

20121001-095411.jpg
Kesempatan untuk menyaksikan lansung akhirnya terpenuhi juga. Thanks to @TrilogyLive yang membawa band ini ke Jakarta. 28 September 2012 menjadi malam yang sakral bagi para penggemar Keane di Indonesia. Semua lagu di dalam konser ini sukses kami nyanyikan bersama. Dan tak terasa, air mata pun menetes karena terharu bisa menyanyikan lagu A Bad Dream bersama Tom. 23 lagu sukses dibawakan malam itu, dan merupakan kepuasan sendiri bisa menyanyi semua lagu yang dibawakan Keane di konser bertajuk Strangeland Tour 2012, sesuai dengan judul album terakhir mereka.
Konser ditutup oleh lagu Crystal Ball, lagu paling pas untuk menutup konser. Walaupun ketika saya lihat set list, lagu penutup harusnya Under Pressure. Tapi lagu Under Pressure bukan lagu asli dari Keane, tapi Queen, jadi ya nevermind lah. Lagian mungkin Tom berpikir kalau nyanyiin lagu Under Pressure akan bikin antiklimaks. Dan yang bikin bangga, dari akun twitter @keaneofficial , Jakarta sukses merebut perhatian para personil Keane karena penontonnya yang memang fantastis. Koor Keane Fans Indonesia memang mantab! Tom pun berujar ingin kembali lagi ke Jakarta!

20121001-100547.jpg
Seusai konser, gerombolan Fans Keane Indonesia masih setia menunggu panggung dibongkar, sambil berharap mendapat “harta karun”. Sayang, dari sekian harta karun yang dibagi (3 lembar set list songs, pick), tidak ada yang berhasil saya dapatkan 😦 but its alrite, melihat dan membuktikan sendiri kualitas suara Tom sudah sangat membuat saya bahagia malam itu. Satu pertanyaan saya malam itu, kenapa Perfect Symmetry gak ada dalam set list yah?

Advertisements

Sosialisasi Kenaikan Tarif KRL via Komik

Kemaren malam dapat selebaran menarik ketika beli tiket KRL di stasiun Palmerah. Selebaran tersebut ternyata bagian dari sosialisai kenaikan tarif KRL per 1 Oktober. Sebagai pengguna setia KRL, saya tidak mempermasalahkan kenaikan tarif tersebut, asal diikuti dengan peningkatan pelayanan pula.
Hanya saja setelah melihat selebaran berbentuk komik tersebut, ada beberapa kritik yang ingin saya sampaikan:

  1. Disitu digambarkan bahwa penambahan KRL sebanyak 90 unit di tahun 2012. Informasi ini sangat rancu, karena penambahan KRL belum dinikmati, tarif sudah naik duluan. Menurut berita yang saya baca beberapa hari lalu, KRL bekas yang baru datang dari Jepang tersebut akan disertifikasi dahulu, dan akan memakan waktu 1 bulan. Sehingga baru bisa dipakai akhir Oktober. Dan di berita kok yang dateng 20 unit? Sumber berita: http://m.detik.com/news/read/2012/09/25/102147/2034336/10/20-gerbong-krl-bekas-dari-jepang-segera-disertifikasi-agar-bisa-digunakan?9911012
  2. Revitalisasi stasiun Cikini turut digambarkan sebagai alasan kenaikan tarif. Terus terang buat saya ini gak penting, karena saya tidak menggunakan stasiun tersebut. Dan stasiun Cikini sebenarnya bisa dibilang cukup bagus dan sudah modern, ngapain lagi dibagusin? Mending benerin stasiun Palmerah yang saya singgahi setiap harinya.
  3. Revitalisasi stasiun Sudimara menjadi favorit saya dalam selebaran, karena memang setiap hari saya menggunakan stasiun ini. Hanya saja saya belum melihat tanda-tanda pembangunan, jadi sepertinya revitalisasi stasiun Sudimara masih lama untuk bisa dinikmati semenjak kenaikan tarif KRL per 1 Oktober nanti.

Well, miris memang nasib penumpang KRL. Pemakai kendaraan pribadi yang mayoritas pake bensin premium sangat dimanjakan oleh subsidi BBM yang sungguh besar. Sedangkan penumpang KRL yang telah membantu negara dalam menekan konsumsi BBM, malah dianaktirikan. Di satu sisi saya memahami kesulitan dana yang dialami PT KAI sebagai operator angkutan massal ini. Yang saya sesalkan kepada direktur PT KAI, kalau memang kesulitan dana, kenapa tidak minta pemerintah agar jatah subsidi / dana PSO diperbesar? Karena kalau menilik angkutan serupa di luar negeri, pemerintah memberikan subsidi yang cukup besar ke sektor angkutan umum untuk menekan laju konsumsi BBM dan untuk mengurangi kemacetan. Pengalaman travelling di Beijing, MRT yang jauh lebih modern dan mewah daripada KRL Commuter Line, tarifnya hanya 2 Yuan! Tarif ini berlaku sama jauh-dekat. 2 Yuan kalau dirupiahkan berarti tidak lebih dari IDR 3000!
Jadi kami harus protes kepada siapa? Direktur KAI? MenHub? DPR? Ah, sudahlah…capek protes mulu 😦

20120928-115242.jpg

Update to iOS 6

Akhirnya memutuskan juga untuk update ke IOS6. Langkah yang dilakukan cukup mudah, pastikan handset ter-connect dengan jaringan WIFI. Dan lakukan langkah berikut:

  • Buka menu Settings:

20120924-125708.jpg

  • Pilih Menu General

20120924-125722.jpg

  • Pastikan masih ada sisa disk 2,2 GB sebelum melakukan langkah instalasi. Karena jika tidak ada cukup space disk, tombol “Download and Install” tidak akan bisa ditekan.

20120924-125736.jpg

  • Klik Agree aja 🙂

20120924-125745.jpg

  • Klik OK …

20120924-125757.jpg

  • Setelah itu bikin kopi dulu, karena walaupun ngomongnya “About 10 minutes remaining”, aktualnya lebih dari itu.

20120924-125808.jpg

  • Setelah OS terbaruselesai di-download, klik Install

20120924-125831.jpg

  • Klik Install Now

20120924-130258.jpg

  • Agree aja deh 🙂

20120924-125850.jpg

  • Tinggal nunggu proses update OS. Kalau sudah selesai, handset akan reboot untuk me-load OS terbaru.

20120924-125859.jpg