Just another alif site

Garuda vs Oranje

Asli gak pernah nyangka bisa melihat lansung timnas Indonesia berlaga lawan timnas Belanda. Dalam laga resmi FIFA Friendly Match yang bertajuk Garuda vs Oranje, Stadion GBK menjadi saksi kehebatan Timnas Belanda yang tampil hampir full team dengan beberapa pemain bintang seperti Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneider, John Heitinga, dll. Sayang Dirk Kuyt hanya disimpan di bangku cadangan. Pada saat itu, posisi ranking FIFA timnas Belanda berada pada peringkat ke-5 , sedangkan untuk timnas Indonesia berada di peringkat 170.

Secara umum penampilan Indonesia memang kalah jauh dibanding Belanda. Skor akhir 0-3 merupakan kesimpulan akhir dari pertandingan tersebut. Permainan timnas Belanda benar-benar mengandalkan organisasi permainan yang tertata, tidak menonjolkan skill pemain saja. Beda dengan timnas Indonesia yang mengandalkan umpan-umpan jauh dengan harapan para striker Indonesia bisa adu sprint untuk memenangkan bola. Bisa dikatakan pada malam tersebut, lini tengah Indonesia tidak terlihat sama sekali. Ketika bola berhasil dikuasai pemain Indonesia, pemain yang berani maju melebihi garis tengah lapangan hanya 2-3 pemain saja. Tentu saja jumlah ini sangat kurang untuk mendukung barisan penyerang.

Kick off pertandingan agak kurang lazim, yaitu 20:30. Walaupun pertandingan dilansungkan sangat malam, pemain Belanda terlihat sangat dehidrasi bermain dengan udara tropis, sampai tim Belanda minta time out hanya sekedar untuk minum. Suatu hal yang aneh kita lihat pada pertandingan sepak bola, walaupun memang aturan time out itu ada.

Semoga dengan kehadiran timnas Belanda ini bisa menjadikan cambuk buat para pemain timnas, bahwa mereka masih tertinggal jauh, dan harus banyak belajar, terutama dalam hal organisasi permainan. Entah apa karena ketiadaan Firman Utina yang biasa menjadi jenderal pengatur lapangan tengah, atau memang level permainan kita masih segitu saja. Menurut saya, untuk pemain timnas Indonesia yang paling bersinar malam itu hanya 3, yaitu Kurnia Meiga, Victor Igbonefo, dan Andik Vermansyah. Well, walaupun kalah telak, tapi saya tetap bangga dengan team Garuda.

20130611-071506.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: