Just another alif site

Pasar Seni Jakarta 2013

Rasanya di Jakarta ini selalu saja ada acara menarik tiap hari nya. Kali ini saya menyempatkan datang ke acara yang bertajuk Pasar Seni Jakarta 2013. Acara ini berlansung dari tanggal 3-5 November 2013, dengan mengambil tempat di Parkir Timur Senayan. Acara ini diprakarsai oleh Ikatan Alumni ITB. Ingatan saya jadi terlintas ke masa lalu dimana di kampus ITB rutin diselenggarakan acara Pasar Seni setiap 4 tahun sekali. Tapi kalau di kampus ITB, yang punya gawe adalah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Tiket masuk sebesar 15 ribu / orang, dapat bonus voucher Speedy Internet sebesar  IDR 5,000 , dan kupon undian untuk meraih grandprize motor. Lokasi acara dibagi menjadi 4 zona, yaitu zona air, zona api, zona api dan zona tanah. Terus terang saya sendiri gak terlalu ngerti ama konsep-konsep zona ini, karena gak ada katalog yang diberikan. Jadi saya keliling saja semua sudut acara untuk melihat apa saja yang dipamerkan. Untungnya di setiap instalasi seni, diberikan informasi mengenai nama instalasi nya, seniman yang bikin, dan deskripsi / cerita dibalik pembuatan karya seni tersebut.

Hal pertama yang lansung menarik perhatian saya adalah “Finding Lunang” karya Iwan Effendi. Sebuah karya yang awalnya dibikin beliau untuk acara ArtJog 2013. Instalasi ini menurut saya sangat menarik karena dibikin dari kayu dan berputar-putar seperti komedi putar.

mtf_sFIbY_370

Instalasi bambu banyak menghiasi di berbagai sudut. Menurut saya yang paling menarik adalah instalasi kapal bambu dengan ukuran yang cukup besar. Karena terbayang saja bagaimana susahnya merangkai instalasi tersebut kemudian membengkokkan bambu untuk membuat kerangka lambung kapal.

mtf_sFIbY_372

Di salah satu sudut zona air, disediakan sebuah kolam memanjang untuk lintasan balapan perahu kotok, mainan perahu yang terbuat dari limbah kaleng. Digerakkan dengan tenaga panas yang dihasilkan oleh minyak tanah yang dibakar. Mainan ini mengingatkan saya waktu masa kecil di Gresik, setiap ada pasar malam saya selalu beli mainan ini untuk diadu dengan temen di kampung.

mtf_sFIbY_374

Setelah zona air, kami masuk ke sebuah tenda tempat pameran beberapa karya instalasi pop art. Ada beberapa karya yang menurut saya menarik, yaitu sebuah speedboat yang bodi kapalnya terbuat dari VS Beetle yang dibalik. Ada juga lukisan penangkapan Pangeran Diponegoro yang dibuat ala karakter kartun Tin Tin.

Di bagian belakang venue event ini ada pameran mobil listrik buatan dalam negeri. Entah apa hubungannya pekan seni dengan mobil listrik. Sepertinya bagian ini agak dipaksakan untuk masuk dalam event Pekan Seni Jakarta. But its oke lah, saya jadi bisa melihat dari dekat mobil listrik yang digembar-gemborkan oleh Pak Dahlan Iskan.

mtf_sFIbY_381

Di pintu keluar acara terdapat deretan payung berwarna warni yang digantung diatas. Pas banget untuk dijadikan background foto sebelum meninggalkan event ini. Menurut saya, penyelenggaraan Pekan Seni Jakarta 2013 ini perlu ditingkatkan lagi promosinya. Karena menurut saya yang datang pada hari terakhir penyelenggaraan, animo masyarakat yang datang kurang rame. Semoga untuk event berikutnya, event bagus ini bisa lebih rame dan lebih meningkat kualitas karya yang dipamerkan.

mtf_sFIbY_383

 

 

Comments on: "Pasar Seni Jakarta 2013" (1)

  1. Wah aku gak sempat datang. Sip buat cerita & fotonya, Lif.

Leave a Reply

