Just another alif site

Siapa sangka di dekat kawasan rumah-rumah mewah Pantai Indah Kapuk, terdapat cagar alam seluas 99 Hektar. Disana kita bisa menemukan hutan mangrove yang dihuni beragam satwa seperti burung, biawak, ikan, dll. Untuk menemukannya pun cukup mudah, ada beberapa papan petunjuk yang mengarahkan ke lokasi tersebut sejak kita keluar tol PIK. Atau kalau mau gampang, patokannya Gedung Yayasan Tzu Chi.

Untuk masuk ke Taman Wisata Alam Hutan Bakau PIK, kita terlebih dahulu harus membayar biaya 10 ribu / orang dan tambahan 5 ribu kalau bawa mobil. Setelah kita memarkirkan mobil, kita akan melewati pos penitipan barang, dimana nanti kita akan diminta untuk menunjukkan bukti karcis yang kita beli ketika masuk di gerbang. Disitu kita juga ditanya apakah membawa kamera digital. Ternyata kalau pake kamera digital kita dikenakan biaya 1 juta. Dan ternyata kamera pocket pun juga kena aturan serupa, tau gitu kamera pocket nya gak gw keluarin dari tas. Untung baterei HP masih ada 50%, jadi cukuplah untuk mengambil foto dan video selama disana.

Untuk melihat hutan mangrove, kita bisa mengikuti jalan setapak yang dibuat dari kayu. Terdapat juga menara pandang untuk melihat hutan dari atas sekaligus untuk mengamari burung / birdwatching. Disediakan juga perahu untuk berkeliling mengitari hutan. Terdapat beberapa pilihan perahu dari yang kelas VIP (motorboat) sampai yang perahu kayu dengan dayung. Kami putuskan untuk mengambil paket perahu VIP dengan kapasitas 6 orang dengan biaya 200 ribu untuk 40 menit.

Tempat ini memang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bisa juga untuk tempat pacaran. Masih di Jakarta, pemandangan yang masih asri, dan udara yang bersih akan menjadi suguhan yang dapat menyegarkan kepala kita. Sayang masih saja ada sampah😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: