Just another alif site

Hello World, Rayyan!

 

Rayyan

Rayyan

Alhamdulillah telah lahir putra pertama kami: Muhammad Rayyan Yordan, pada hari Jumat 28 Maret 2014 jam 17:01 di RSIA Kemang Medical Care. Sebuah pengalaman baru untuk menjadi ayah, proses yang cukup mendebarkan. Apalagi usia kandungan sudah mencapai minggu ke 41.  Kontrol dokter terakhir dilakukan pada hari hari Kamis, 27 Maret 2014. Pas dicek dokter ternyata udah bukaan 1. Ama dokter disuruh jalan-jalan aja dulu. Pulang dari dokter kami putuskan untuk ke Senayan City untuk jalan-jalan muterin tiap lantai mall tersebut, diakhiri dengan nonton Divergent =)

Sebelum balik ke rumah, kami sempatkan dulu makan malam di food court. Ternyata itu makan malam terakhir Dhini sebelum proses persalinan. Hari Jumat, jam 3 pagi Dhini dah mulai kontraksi yang cukup kenceng dibanding hari sebelumnya. Saya putuskan untuk berangkat ke rumah sakit setelah sholat Shubuh aja. Sampai Rumah Sakit sekitar jam 06:00. Jalan Ampera sudah mulai macet, untung letak RSIA KMC tidak terlalu jauh dari pintu keluar toll. Dokter kami (Dokter Ridwan), ternyata sudah di RS jam segitu, tapi ternyata dia lagi ada tindakan dulu dengan pasien yang lain.

Jadinya kami menunggu saja dulu di ruang observasi sambil cek CTG. Dokter Ridwan akhirnya mengunjungi kami jam 8, dan setelah dicek ternyata masih bukaan 1 aja😦 akhirnya diputuskan untuk memulai proses induksi. Setelah 30 menit berlalu, mulailah kontraksi yang lebih hebat. Rasanya gak tega melihat istri mengerang kesakitan. Tapi saya harus meyakinkan diri bahwa saya harus tegar dan tetap positif agar istri selalu semangat dan tetap fokus dalam proses persalinan ini.

Jam demi jam berlalu. Akhirnya sampailah di jam 16:00 , dokter memanggil saya sejenak keluar dari ruang persalinan. Dokter menjelaskan kondisi bahwa status bukaan sudah 9 , tapi ada beberapa faktor yang sepertinya gak bisa dilanjutin: Posisi muka bayi gak pas, detak jantung bayi selalu turun tiap kali sang mama kontraksi, dan air ketuban yang udah keruh berpotensi meracuni sang bayi. Akhirnya saya pun menandatangani surat persetujuan tindakan operasi. Persiapan operasi terbilang cepat, hanya kurang dari setengah jam. Dan akhirnya putra kami pun lahir pada jam 17:01 . Setelah sang bayi lahir, saya pun baru diperbolehkan masuk ke ruang operasi, menemani istri yang masih lanjut proses operasi untuk menghentikan pendarahan yang terjadi di rahim yang diakibatkan oleh proses kontraksi. Operasi selesai jam 18:30.

Perjuangan sang bayi yang baru lahir pun belum berhenti. Karena sempat kemasukan cairan air ketuban, lansung dilanjutkan dengan tindakan penyedotan cairan. untuk yang ini gw gak lihat sih, hanya ditunjukkan saja kotoran yang berhasil dikeluarkan. Dan karena kondisi pernafasan sang bayi gak stabil, akhirnya Rayyan harus masuk NICU selama 2 malam. Malam pertama Rayyan dipasangin alat bantu pernafasan di hidung, selang yang dimasukkan ke lambung untuk menjaga muntahan cairan gak masuk ke paru-paru, dan infus lewat ari-ari nya untuk memberikan asupan gula. Alhamdulillah keesokan paginya kondisi Rayyan dah membaik. Alat bantu pernafasan dicopot, dan selang yang masuk lewat mulutnya dah dicabut juga.

Hal yang kami senang di RSIA KMC adalah dokter laktasi yang senantiasa datang tiap pagi untuk mengajarin caranya memberikan ASI. Berhubung Rayyan ada di ruang NICU, dokter laktasi mengajarkan untuk memeras susu untuk kemudian disedot dengan squid atau tabung suntik ukuran 1 ml. Alhamdulillah ternyata ASI bisa keluar, dan  Rayyan pun mendapatkan kolostrum atau cairan emas ASI.

Terima kasih dokter Ridwan (dokter obgyn), dokter Indra (dokter anak), dan dokter Ari (dokter bedah) yang telah membantu proses persalinan dengan hasil sukses dan selamat ibu dan anak. Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk dokter-dokter laktasi dan suster-suster RSIA KMC yang selalu support sang ibu untuk tetap optimis dalam memberikan ASI eksklusif walaupun Rayyan berada di ruang NICU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: